Tahap penyusunan KPT mencakup :
1.
Menentukan Profil Lulusan dan Capaian
Pembelajaran (CP)2. Memilih dan merangkai Bahan Kajian
3. Menyusun Mata Kuliah, Struktur Kurikulum, dan menentukan SKS
4. Menyusun Rencana Pembelajaran
Secara umum diagram alir penyusunan KPT adalah sebagai berikut :
Telaah Keilmuan dan Keahlian
|
Kebutuhan Masyarakat dan “Stake Holder”
|
Tahap inventarisasi informasi dan pengumpulan data, melibatkan
Asosiasi, stake holder, PT, maupun Prodi
|
||||||
↓
|
||||||||
PROFIL
LULUSAN
|
Bagian kritis dimana peran lulusan ditentukan dan disesuaikan dengan
jenjang merujuk KKNI dan SNDIkti
|
|||||||
Capaian Pembelajaran (CP)
|
||||||||
↓
|
||||||||
Pemilihan & Bobot
Bahan Kajian
|
Mempertimbangkan Kedalaman dan Cakupan penguasaan materi
|
|||||||
↓
|
||||||||
Membentuk Matakuliah dan SKS
|
Merangkai Struktur Kurikulum
|
Merujuk pada SN DIkti untuk SKS dan rangkaian/urutan penguasaan
kajian
|
||||||
↓
|
||||||||
Rencana Pembelajaran Mahasiswa
|
Memilih strategi yang tepat dan mendeskripsikan indikator kelulusan
|
|||||||
Diagam alir di atas merupakan langkah minimum penyusunan kurikulum,
setiap pengembang kurikulum dapat menambahkan langkah lain sesuai dengan tujuan
masing-masing.
Sangat disarankan selama proses penyusunan melibatkan seluruh staf di program studi beserta perwakilian stake holder untuk menjamin konvergensi konstruksi dari kurikulum program studi.
BERSAMBUNG.........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar