Jumat, 17 April 2015

MENYUSUN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI (KPT)



Tahap penyusunan KPT mencakup :
1.       Menentukan Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran (CP)
2.       Memilih dan merangkai Bahan Kajian
3.       Menyusun Mata Kuliah, Struktur Kurikulum, dan menentukan SKS
4.       Menyusun Rencana Pembelajaran

Secara umum diagram alir penyusunan KPT adalah sebagai berikut :

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Telaah Keilmuan dan Keahlian
 
Kebutuhan Masyarakat dan “Stake Holder
 
Tahap inventarisasi informasi dan pengumpulan data, melibatkan Asosiasi, stake holder, PT, maupun Prodi
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
PROFIL LULUSAN
 
 
Bagian kritis dimana peran lulusan ditentukan dan disesuaikan dengan jenjang merujuk KKNI dan SNDIkti
 
 
 
Capaian Pembelajaran (CP)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pemilihan & Bobot
Bahan Kajian 
 
 
Mempertimbangkan Kedalaman dan Cakupan penguasaan materi
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Membentuk Matakuliah dan SKS
Merangkai Struktur Kurikulum
 
Merujuk pada SN DIkti untuk SKS dan rangkaian/urutan penguasaan kajian
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Rencana Pembelajaran Mahasiswa
 
 
Memilih strategi yang tepat dan mendeskripsikan indikator kelulusan
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Diagam alir di atas merupakan langkah minimum penyusunan kurikulum, setiap pengembang kurikulum dapat menambahkan langkah lain sesuai dengan tujuan masing-masing.
 
Sangat disarankan selama proses penyusunan melibatkan seluruh staf di program studi beserta perwakilian stake holder untuk menjamin konvergensi konstruksi dari kurikulum program studi.

BERSAMBUNG.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar